jump to navigation

Jazirah Arab…… December 4, 2008

Posted by ropeh1 in Pencerahan.
Tags:
trackback

Jazirah arab dapat dibagi menjadi dua bagian sebagaimana terdapat dalam buku At-Tarikh al-Islami, karya Ahmad Syalabi :

  1. Jantung Arab, Dia adalah wilayah yang berada di pedalaman, tempat paling utama adalah Najd.
  2. Sekitar Jazirah.Penduduknya adalah orang-orang kota, wilayah yang paling penting adalah Yaman di bagian selatan, Ghassan di sebelah utara. Ihsa dan Bahrain di sebelah timur, serta Hijaz disebelah Barat.

Pembagian Orang Arab :

  1. Arab Baidah : adalah orang Arab yang kini tidak ada lagi dan musnah. Diantaranya adalah ‘Aad,Tsamud, Thasm,Jadis, Ashab ar-Rass, Dan Pendududuk Madyan.
  2. Arab Baqiyah :adalah orang yang hingga saat ini masih ada , mereka adalah Bani Qahthan dan Bani Adnan. Bani Qahthan adalah Arab Aribah (orang Arab Asli) dan tempat mereka adalah di selatan Jazirah Arab, diantaranya mereka adalah raja-raja Yaman, Al-Munadzarah, dan Al-Ghassaniyah serta raja-raja Kindah. Diantara mereka juga ada Azad yang dari mereka muncul Aus dan Kharaj. Sedangkan Bani Adnan, mereka adalah orang-orang Arab Musta’ribah, yakni orang-orag arab yang mengambil bahasa Arab sebagai bahasa mereka, mereka adalah orang Arab bagian utara, sedangkan temapat tinggal asli mereka adalah Mekah al-Mukarramah. Mereka adalah keterunan Nabi Ismail bin Ibrahim, salah satu anak Nabi Ismail yang menonjol adalah Adnan.

(semoga bermanfaat)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment