jump to navigation

BNN Belum Tahu Isu ‘Narkoba’ Strawberry Quick di Sekolahan October 27, 2008

Posted by ropeh1 in Berita.
Tags:
trackback

Aprizal Rahmatullah – detikNews

Jakarta – Sejumlah ibu muda yang memiliki anak usia TK dan SD dibuat resah dengan beredarnya SMS tentang narkoba jenis baru yang bernama Strawberry Quick dan Strawberry Meth. Badan Narkotika Nasional (BNN) sendiri mengaku belum tahu. Namun ada kabar bahwa itu hanyalah hoax alias kabar bohong.

Bunyi SMS itu antara lain berbunyi,”Ada narkoba jenis baru dengan nama Strawberry Quick dan Strawberry Meth. Perlu waspada, sudah beredar di lingkungan , sekolah-sekolah, yang mengerikan narkoba crystal bentuk bulat, mirip dengan permen Pop Rock rasa dan aroma Strawberry, kalau dihisap berdesis dalam mulut. Ingatkan anak-anak untuk tidak terima permen dari orang-orang yang tidak dikenal atau siapa pun, atau dari teman mereka sekalipun.” Kabar ini diakhiri pesan agar meneruskan pesan ini pada orang lain.

Kepala Pusat Terapi dan Rehabilitasi BNN Dr Sudirman mengaku belum mengetahui apa yang disebut ‘narkoba jenis baru’ itu. “Kita belum periksa, belum ada laporan,” ujarnya pada detikcom, Rabu (22/10/2008).

Bagi yang mengetahui hal ini, Sudirman mengimbau agar melaporkannya ke kantor BNN terdekat. “Nanti kita akan periksa, kita uji lab atau langsung ke Balai POM,” kata Sudirman.

Penelusuran detikcom, kabar ini sudah lama dibicarakan di internet sejak Mei lalu. Sejumlah blogger memosting di blog masing-masing. Bahkan ada yang mendiskusikannya di forum diskusi. Namun sebuah website yang khusus membahas hoax, memasukkannya sebagai berita bohong.

“Hoax tersebut adalah versi terjemahan dari hoax sejenis yang beredar di Amerika,” tulis hoaxhariini.blogspot.com pada 30 Mei 2008.

Kesimpulan bahwa kabar itu hoax diambil berdasarkan artikel-artikel di luar negeri, termasuk dari website Hoax Slayer. “Hoax Slayer menyebutnya sebagai hal yang tidak perlu dianggap serius, karena hoax tersebut hanyalah berita yang terlalu berlebihan,” kutipnya.

“Walaupun demikian, adalah benar bahwa setiap orang wajib memperingatkan anaknya untuk berhati-hati dalam menerima tawaran makanan, minuman ataupun permen dari orang yang tidak dikenal,” wanti-wantinya. Waspadalah! Waspadalah!
(ape/nrl)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: