jump to navigation

Apo nan rancak……Sistem Ekonomi October 16, 2008

Posted by ropeh1 in Topik Hangat.
Tags:
trackback

Rope, ambo raso apo se bantuak sistem tu kalau konsisten sabana konsisten indak masalah doh dalam arti samo bapikia positif “untuak kepentingan basamo”, untuak contoh kini ko sitim kapitalis bak kicek bahaso Uda Rope tu ado term refference noh diikuik-i jo nan sabana noh, nan mambuek aturan iyo sabana bapikia jo aturan jan sampai ado celah nan bisa di manfaikkan “segelintir urang”, nan mangawasi iyo saharus no indak ado kompromi dan nan manjalankan jan cubo2 punyo pikiran galia dalam arti “ma aka-i aturan” kecek urang gaek2 awak taisuak ibaraik tigo tali sapilin, samo kareh no, batua jalan noh…
Tapi dek agamo ko alah barubah jo manyambah “PITIH” apo se jadi halal, nan tukang buek aturan alah maraso pueh se jo aturan nan alah ado, nan ma-awasi alah barubah misi, nan manjalankan apo laih… nan penting profit…

nan heboh ko kan urang akibaik maikua se mah Da Rope… bantuak awak2 ko lah sebagian kecil noh… hahaha…

Kita sudah bangga dengan status sebagai manusia modern, semuanya diukur dengan materi gak percaya..? coba uda Rope perhatikan obrolan orang gak jauh dari “gue loss, gue rugi… hehehe… kebetulan ambo tadi bajalan2 pagi di Ancol jo keluarga banyak ota urang2 nan sadang ba olah raga ko tantang “kerugian” dek investasi di saham jo surek2 hutang lain noh…
memang ado juo nan ” go pek tiaw” kicek noh dek ikuik transaksi ‘short selling” tapi khan indak banyak doh.. hahaha…
Disana saya juga ketemu sama nelayan2 yg mencari kerang hijau dengan hanya menggunakan peralatan sederhana berupa serokan (tangguak), jala dan pancingan, dan obrolan mereka … wah untung gede ni hari gue dapat banyak kerang hijau plus bonus ada 5 ikan kerapu, oke nich buat beli beras anak bini dirumah … dengan kepuasan dan kebanggaan yg tak terhingga (ngiri ambo mancaliak).. .

hahaha… saya cuma bisa angguk2, yang katanya manusia modern kasak kusuk memikirkan krisis global sementara ada pihak yang satunya anteng2 aja …

Saya jadi mikir mungkin “niat” dari masing2 orang ini yg membuat mereka melihat satu permasalahan dengan sikap yg berbeda, yang satu mengagungkan “materialitas” yg diukur dengan satuan mata uang dan yang satunya “hanya untuk membahagiakan keluarganya” .
Kemudian saya juga coba renungkan tentang sebagian penduduk negeri ini seperti orang badui di Banten, suku naga di jawa barat sampai dengan orang2 di pegunungan Papua keknya mereka anteng2 saja hahaha… gak kenal namanya pitih bergambar Sukarno hatta, kepeang bergambar Mbah harto atau nan bagambar ngarai sianok, kalo butuh apa2 mereka barter .. (saya ingat krisis 1998 saya kebetulan jalan2 ke pedalaman Banten Selatan) mereka bengong2 aja kalo ada yg cerita ttg USD 1 setara dengan IDR 15.000 dan IHSG yg juga terjun, gak ngaruh Oom.. butuh beras ada di lumbung mo nyari lauk bisa barter sama tetangga … haaa asyiik bangeeed…

Sayangnya sifat materialisme yg secara tidak disadari sudah “digadang2kan” sebagai Tuhan baru membuat kita terlena termasuk saya juga hanya dengan istilah globalisasi lah, HAM lah, transparansi lah yg bunyi nya bagus dan merdu kita jadi tertipu oleh sebagian kecil golongan “yang memang niat dasarnya adalah untuk mencari keuntungan sebesar2nya”

Kembali ke topik , apapun sistem yg dipakai jika “sudah ada dusta diantara manusia” gak bakal ada yg bener … mau kapitalis, sosialis, koperasis… unilis sampai bengkalis hahaha .. ini kan hanya ciptaan manusia toh harusnya bisa di perbaharui dan di sempurnakan dari masa ke masa (yang sempurna hanya Allah SWT) lihat contoh2 dari komunitas zaman batu karena gak ada dusta diantara mereka lancar2 saja kok perekonomian mereka.

Kalo di lihat sejarah semua sistem hancur gara2 manusianya juga, contoh
1. Sistim Syariah, dimasa nabi dan Kalifa Ur’rasyiddin bisa berjalan hanya dimasa itu saja karena tidak ada dusta diantara mereka, malahan zaman itu nabi Muhammad SAW menyerahkan semua hartanya ke bait’l mal (Kas negara pada masa itu) saat beliau wafat hanya punya beberapa Dinar saja, adakah yg mau mengikuti sunnah Nabi yg ini saja..?? baik ummat maupun Ummara..?? Setelah pemerintahan jatuh ke Dinasti Mu’awiyah sampai dengan kerutuhan Usmaniah (Turki-Ottoman) konsisten kah mereka..??? hancuur tho… apaun yg berbau Islam sepertinya hilang ditelan bumi (iko kok dibahas panjang sejarah noh). Untuk zaman ini memang ada yg menjadikannya sebagai salah satu alternatif tapi di Negara Indonesia ini hanya “hawo” nyo se nan gadang, susah untuk di terapkan karena pikiran sudah terpola pada model bank konvensional (kapitalis). kalaupun ada praktek syari’ hanya namanya saja … gak percaya coba urus kredit Usaha ke salah satu bank syari’ah di Indonesia… karena
belum ada acuan baku dan sosialisasi yg tepat. Dan Arab Saudi yg mengaku sebagai negara benteng Islam sistim apa yg mereka pakai..?? teteub ajahh ngekoot the numero Uno pangicuah… hahaha… gak bakal mau mereka jika Indonesia beli minyak dibayar pake CPO atau kayu pasti mau nya USD atu mungkin sekarang EUR
2. Sitim Sosialis, hancur beserta pecahnya USSR, yg bertahan adalah negara yg telah melakukan modifikasi dan penyempurnaan sistim tsb
3. Sisitim kapitalis, USA dan EU lagi ketar ketir hehehe… yg masih bertahan Negara2 Kerajaan di tim teng dan Asia yg memang punya dasar sebagai pengekspor minyak dunia
4. Koperasi … hahahaha… gak usah ngomong … liat koperasi di Sumatera Barat .. nan ciluah pengurus … Uda Rope kan pernah di KJA baa carito sabana noh..??

Jadi apo nan rancak ko Rope..???

Eddy C (Akt 87)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: